Cara Menghitung Biaya Cor Per Meter

Cara Menghitung Baya Cor Per Meter

Cara Menghitung Baya Cor Per Meter, merupakan cara pengerjaan dak dengan mengecor pada bagian lantainya berdasarkan hitungan per meter persegi. Sebagai kontraktor, nantinya akan mempersiapkan jenis pekerjaan. Dengan memenuhi segala kebutuhan yang memerlukan sebelum mulai menjalankan pengecoran. Sebagaimana cara nenghitung baya cor per meter yang akan mensimulasikanya atau perkiraan biaya atau belanja material.

Cek Harga Precast Terbaru 2022

Pengerjaan Pengecoran

Maka salah satunya, adalah menghitung setiap bagian rincian atap bangunan atau lokasi pada tempat pengerjaan pengecoran. Supaya lebih mudah memahaminya, anggaplah rumah tempat tinggal Anda memiliki atap dengan panjang 8 meter, lebarnya 10 meter, perhitungan yang tersedia yaitu sebesar 8 x 10= 80 m2.

Selanjutnya langkah berikutnya, melakukan pemesanan material bahan cor. Sesuai dengan teknik yang telah menyepakati bersama dengan pemilik rumah. Agar Anda lebih memahami jenis-jenis dari cor rumah, berikut ini penjelasannya:

Standar Harga

  1. Pengecoran Dak Lantai Beton per Meter

Setiap daerah, pastinya memiliki patokan atau standar harga pengerjaan cor dak lantainya masing-masing. Hal tersebut, dipengaruhi oleh harga bahan material yang ada di daerah tempat pembuatan cor berlangsung. Selain itu, ongkos upah pekerjanya juga berbeda.

Kisaran harga untuk pembelian beton K300 per meter, dikenakan biaya sebesar Rp880 ribu. Sedangkan untuk beton kelas K225, dibanderol dengan harga yang lebih murah yaitu Rp840 ribu untuk satuan meter.

Biaya Bekisting

Berikutnya, ada biaya bekisting serta pembelian besi untuk pengecoran dak lantai beton menggunakan kelas K225, dapat mencapai angka sebesar Rp418 ribu. Lalu, bila menjumlahkan dengan upah pekerjanya, setiap meternya butuh uang hingga Rp748 ribu.

Selanjutnya masih dalam pengerjaan cor dak lantai beton dengan varian kelas K300, upah pekerja dan kondektur per meternya mengenakan Rp 250.000,-. Kemudian, biaya bekisting plus besinya ada pada angka Rp 418 ribu. Sehingga, total menjadi Rp753 ribu.

Sebelum membangun rumah Anda harus memastikan biaya-biaya yang akan mengeluarkan, salah satunya biaya cor per meter. Sama halnya saat mencari rumah, Anda juga harus memastikan harga yang sesuai dengan kocek. Cek daftar hunian terjangkau pada kawasan Parung Panjang mulai dari Rp300 jutaan !

Cor Dak Hebel,

  1. Cor Dak Hebel per Meter

Pada jenis cor dak hebel, dapat dengan mudah Anda temukan pada aplikasi belanja online maupun dengan mendatangi kantor penyedia layanan pembangunan cor dak lantai. Sebagai contoh, biaya yang menawarkan untuk daerah daerah Malang, yaitu Rp465 ribu

Angka tersebut berlaku untuk pemasangan panel lantai citicon. Daerah Purwokerto, menawarkan harga Rp510 ribu. Bagaimana dengan Jakarta, biaya material hebel mengenakan tarif mencapai Rp 424 ribuan belum termasuk ongkir dan upah pekerja.

Daerah Jakarta Timur untuk hebel atau bata ringan yang telah mendapatkan sertifikasi SNI multicon ini, dibanderol dengan harga Rp485 ribu. Akan tetapi, untuk model cor dak hebel ini, sebaiknya Anda memilih pekerja ahli karena banyak sekali bahan hebel yang menjual dengan kode-kode tertentu.

Daftar Biaya Cor Dak

Berikut daftar biaya cor dak lantai sesuai jenis mutu/klass beton:

Harga Beton per m2 Ongkos Tukang per Hari Biaya Bekisting dan Besi per m2 Total Biaya
K225 = Rp. 80.000 Rp250.000 Rp418.000 Rp748.000
K250 = Rp. 82.000 Rp250.000 Rp418.000 Rp750.000
K275 = Rp. 84.000 Rp250.000 Rp418.000 Rp752.000
K300 = Rp. 86.000 Rp250.000 Rp418.000 Rp754.000

Catatan:

  1. Harga setiap mutu atas adalah untuk beton ready mix
  2. Total biaya atas hanya acuan dasar untuk acuan “RAB” saja, bisa berubah atau sama tergantung harga jenis material setiap daerah
  3. Harga pada tabel belum termasuk sewa pompa beton (concrete pump) dan Trowel Beton

Mutu Beton yang Bagus untuk Cor Dak Lantai Rumah

Perlu Anda ketahui memilih mutu beton yang bagus tidak bisa asal atau sembarangan. Semakin rendah mutu yang Anda gunakan, harga beton pasti murah. Adakalanya mutu tersebut semakin jelek, begitu juga sebaliknya. Semakin tinggi mutu yang Anda gunakan, harga semakin mahal dan mutu tersebut semakin bagus kualitasnya. Berikut contoh mutu beton pada dan biasa menggunakan sesuai konstruksi.

Mutu Beton Yang Biasa Ada Contoh
B-0, K-175, K-200 Cor dasar lantai Lapisan beton Jalan bergelombang Konstruksi non structural

 

K-225, K-250, K-275 Dak rumah tinggal Lantai 1-2-3 Lantai kerja ringan Konstruksi structural
K-300, K- 325, K-350 Cakar ayam rumah Pondasi, Bore Pile Lantai dak 1-2-3-4-5-6 Konstruksi structural
K-400, K-450, K-500 Parkir bus, fuso, truk, kendaraan besar Jalan utama, jalan kelas 1, Tol Pondasi gedung pencakar langit Konstruksi extra struktural

 

Harga Borongan Dak Beton per Meter

Barangkali upah untuk pengambilan model borongan, kadang-kadang terkesan jauh lebih mahal. Selanjutnya karena biaya yang mengeluarkan pada awal lebih banyak. Berbeda dari hal tersebut jauh lebih hemat karena pihak pekerjalah yang akan mengatur uang tersebut supaya cukup hingga akhir pengerjaan.

Setidaknya, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengatur konsumsi para pekerja setiap harinya. Kemungkinan dengan menjumlahkan tertentu yang telah menyepakati pada awal harga sudah termasuk dengan membiayai makan.

Alhasil memborong secara keseluruhan biaya borongan untuk upah dak beton per meter. Mengenakan biaya sebesar Rp250 ribu per meter perseginya. Hanya saja, biaya tersebut belum termasuk dengan biaya konsumsi pekerja.